Sunday, December 20, 2009

Fungsi Kalsium Bagi Tubuh

Kalsium merupakan mineral utama yang mempunyai fungsi tertentu dalam tubuh bagi kesehatan. Anda bisa mendapatkan kandungan kalsium yang tinggi, misalnya dengan mengkonsumsi susu.

Susu adalah unsur makanan yang mengandung kalsium tinggi, seperti susu bubuk full cream, susu bubuk skim dll.

Selain itu, keju, tempe, makanan laut, brokoli dan bayam dipercaya memiliki kandungan kalsium yang tinggi pula.

Paparan sinar matahari pada pukul 7 sampai 9, juga dapat digunakan sebagai penunjang yang dapat merangsang produksi vitamin D dan membantu masuknya kalsium kedalam aliran darah sehingga kalsium menyatu dalam tulang. Setidaknya 15 menit perhari dan sesuai dengan waktu yang telah dianjurkan di atas.

Fungsi kalsium antara lain, mengurangi resiko osteoporosis, terlebih saat wanita memasuki periode menopause. Maka secara otomatis tubuh akan kehilangan hormon estrogen.

Menghilangnya hormon estrogen berdampak terjadinya penurunan kadar kalsium darah, sehingga kondisi tersebut akan menyebabkan osteoporosis.

Keuntungan dari dampak terpenuhinya kalsium dalam tubuh mempunyai nilai positif bagi pertumbuhan tulang dan gigi, sebab 99% kalsium tersimpan dalam tulang dan gigi.

Source : http://www.berita8.com/news.php?cat=4&id=4898

No comments:

Post a Comment

 

Vitamin. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com